Home / Wisata / Danau Sentarum, Danau Cantik di Jantung Kalimantan

Danau Sentarum, Danau Cantik di Jantung Kalimantan

Menelusuri perairan Danau Sentarum membawa ketenangan tersendiri. Sesekali riak membuyarkan pemandangan yang memantul di air yang sejernih kaca. Ada pulau-pulau kecil yang terisolasi oleh air danau yang membentuk seperti jalur-jalur sungai yang kadang ditumbuhi tumbuhan air yang lebat. Terletak di Kapuas Hulu, Kalimantan Barat, danau seluas 130 ribu hektare ini memasok hampir setengah dari air Sungai Kapuas. Danau ini masuk dalam wilayah Taman Nasional Danau Sentarum. Namun, di dalam kawasan Danau Sentarum masih terdapat pemukiman penduduk Suku Melayu dan Dayak Iban yang turun temurun hidup dan memelihara tempat ini.

Butuh sekitar seharian demi menempuh perjalanan darat dan air dari Pontianak. Perjalanan ini sungguh menantang karena akses jalan yang masih sangat terbatas. Namun, hal ini bisa terbayar lunas dengan pemandangan indah khas Kalimantan dan juga keindahan perairan Danau Sentarum.

Danau ini termasuk danau musiman yang artinya sebagian besar wilayahnya tergenang air hanya selama 10 bulan saja. Pada waktu kering, beberapa wilayah danau bisa ditempuh dengan menggunakan mobil berpenggerak 4 roda.

Madu Organik

Danau Sentarum merupakan wilayah konservasi yang berada pengawasan pemerintah. Untungnya, masyarakat lokal tidak keberatan dengan konsep konservasi seperti ini. Sebab, masyarakat Suku Melayu dan Dayak Iban justru telah menerapkan sistem konservasi secara turun temurun. Hingga saat ini, konsep konservasi tradisional dan modern telah memberikan dampak positif bagi masyarakat.

Meski tinggal di wilayah yang dekat perairan, masyarakat Danau Sentarum rtidak hanya mencari ikan sebagai sumber mata pencaharian penduduk, tetapi juga madu yang dipanen dan dirawat secara organik. Hebatnya, madu ini telah menerima tanda sertifikasi, bukan hanya dari Indonesia saja tetapi juga dari Jerman.

Asosiasi Periau Danau Sentarum menjual hasil madunya hingga 20 ton per tahun. Hal ini disebabkan karena kondisi hutan di sekitar danau yang masih sangat terjaga sehingga lebah madu betah dan menghasilkan banyak madu untuk para petani.

Ada tradisi unik para periau atau petani madu untuk memanen madu. Saat akan mengambil madu dari sarang di atas pohon, mereka menyanyikan syair timang untuk meminta izin kepada para lebah.

Festival Internasional

Keindahan alam, keunikan budaya masyarakat, serta kekayaan spesies endemik dari Danau Sentarum membuka peluang untuk diperkenalkan kepada dunia. Dengan alasan itu, Festival Danau Senatarum menjadi festival tahunan yang mampu menarik lebih dari 15 ribu wisatawan, termasuk turis dari Malaysia.

Menyambut hal ini, pemerintah Indonesia menyiapkan berbagai fasilitas untuk wisatawan mancanegara untuk dengan mudah menikmati keindahan Danau Sentarum. Salah satunya adalah Pos Lintas Batas Negara di Badau. Festival Danau Sentarum selalu diramaikan dengan beberapa agenda acara. Ada parade perahu tradisional, acara musik dan budaya, hingga acara minum madu khas Danau Sentarum.

About admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *